Kamis, 03 Mei 2012

PONDOK PESANTREN MA.MALIDA MLONGGO

     Pondok pesantren Mathalibul Huda Mlonggo telah diresmikan pada tanggal 17 Ramadhan tepatnya tanggal 17 Agustus 2011 oleh ketua yayasan pendidikan islam Mathalibul Huda Mlonggo yaitu Bapak H.Markwan. Peletakan pondasinya diresmikan pada tahun 2008. Gagasan awal mendirikan ponpes ini dari pihak guru MA Ma Mathalibul Huda Mlonggo.

     Letak pondok pesantren Mathalibul Huda Mlonggo di belakang gedung MTs Mathalibul Huda Mlonggo bagi putri dan di belakang Bank BRI Mlonggo bagi putra. Bangunan dan tanah yang dibelakang Bank BRI Mlonggo adalah hibah dari saudara bapak Drs.Kriswiyoso, mantan waka kesiswaan MA Mathalibul Huda Mlonggo.
     Sekarang ini yang berjalan baru baru pesantren putra karena ponpes putri belum sepenuhnya jadi. Sementara ini, santrinya dibatasi sampai 30 karena fasilitas yang belum sepenuhnya jadi.
      Adapun kegiatan-kegiatan didalamnya yakni:
1.     Belajar kitab
 Kitab yang di pelajari adalah kitab Sulamul Munajahat,Jauhatul Tauhid dan Tafsir Jalalain.
2.     Latihan khitobah
Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para santri secara bergilir setelah sholat subuh berjamaah.
3.     Sholat tahajud
Sholat tahajud dilakukan pada jam 3 pagi dan merupakan kegiatan yang rutin dikerjakan.
4.     Pengembangan bahasa
Dalam kehidupan sehari-hari di ponpes para santri di anjurkan berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Arab.
     Belum ada peraturan khusus di ponpes namun apa yang diharapkan pengasuh ponpes, Bapak Syaifun Nashir,S.Ag. para santri dapat menjadi siswa yang profetik, professional dan ber etika.

1 komentar:

kalo boleh ngasih ide : Menu navigasinya segera d tambah, biar lebih terlihat tertata.
makasih...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More